Minggu, 15 Januari 2023

Rapat (Musyawarah Pembahasan Proposal)

    Agenda rapat malam ini adalah Musyawarah Pembahasan Proposal bertempat di Balai Sekretariat Kelompok Tani Ternak Mahkota Domba. Kegiatan ini memang agak sedikit mendadak karena gerak cepat menyiasati info yang masuk dari bagian kehumasan terkait kemungkinan peluang menyambut kebijakan pemerintah akan lebih baik jika pengajuan proposal bisa di ajukan lebih awal di tahun ini. 

Dok. Musyawarah Pembahasan Proposal.

    Acara rapat dibuka pada pukul 21.00 Wib oleh pembawa acara sekretaris dilanjutkan dengan sambutan ketua. Ucapan terima kasih dari ketua atas kehadiran dan kekompakan para anggota dalam rangka musyawarah pembahasan proposal kali ini. Dilanjutkan dengan acara inti yaitu paparan umum di forum perihal pembahasan proposal, ketua menyampaikan bahwasanya pembahasan proposal ini bagi kelompok sangatlah dibutuhkan, layaknya sebuah kelompok yang baru sedang merintis usaha di pandang perlu membuat sebuah proposal karena nantinya dapat menjadi bahan dimana didalamnya telah dijabarkan secara rinci dan lengkap mengenai apa saja berkaitan dengan segala kebutuhan sebuah usaha yang akan dijalankan organisasi tersebut. Segala kebutuhan itu nantinya akan dituangkan dalam satu dokumen tertulis berupa portofolio yang berisikan profil lembaga dan Rencana Anggaran Biaya (RAB), serta dokumen pendukung lainnya, kesemuanya itu menjadi dasar seluruh anggota organisasi atau kelompok untuk mengajukan bantuan kepada pihak Pemerintah atau Dinas terkait baik daerah maupun pusat. 


    Penyampaian isi materi rancangan rumusan draf proposal di paparkan oleh ketua dimana terdiri atas 5 bab yang dibacakan secara rinci dengan usulkan bantuan sejumlah Rp. 100.000.000. Dana tersebut di diasumsikan dengan peruntukan sebagai usaha pengembangan ternak domba yang terbagi atas 3 kebutuhan pokok diantaranya dalam bentuk pengadaan tempat atau kandang, sejumlah peralatan pendukung atau inventaris dan pengadaan hewan ternak itu sendiri sebagaimana yang telah terlampir pada draf Rancangan Anggaran Biaya (RAB). Pembahasan dilakukan secara musyawarah dengan penuh hikmat, semua anggota menyimak paparan dimana disetiap uraian materi dipersilahkan masing-masing anggota menyampaikan pandangannya sekaligus dibahas bersama untuk di musyawarahkan satu per satu. Setelah semua melalui tahap pembahasan di tiap point materi akhirnya secara mufakat melalui forum rapat tertinggi ini selanjutnya di nyatakan secara sah diputuskan dan ditetapkan kemudian dituangkan dalam bentuk penerbitan surat berita acara.  

    Semua anggota secara bersama menyatakan berkomitmen proposal yang telah disepakati bersama ini selanjutnya akan dibuat sebagai bahan usulan pengajuan Proposal Pengembangan Ternak Domba ke Dinas Peternakan Kabupaten harapannya juga berfungsi sebagai acuan dan panduan yang bisa dipertanggung jawabkan dalam menjalankan kelangsungan usaha organisasi Kelompok Tani Ternak Mahkota Domba dalam pembudidayaan atau pengembangan ternak domba dikemudian hari. Pesan ketua di akhir sesi musyawarah bahwa dari semua hasil musyawarah yang telah dimufakati dan menjadi kesepakatan bersama di hari ini berharap benar-benar secara konsisten untuk bisa di laksanakan dengan penuh tanggung jawab oleh setiap anggota. 


    Di penghujung acara diisi dengan sesi do'a yang dipimpin salah satu sesepuh anggota dimana kegiatan rapat pengurus dengan agenda musyawarah tentang pembahasan Proposal Pengembangan Ternak Domba Kelompok Tani Ternak Mahkota Domba kemudian ditutup dan dinyatakan selesai tepat pukul 22.00 WIB. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar