Minggu, 22 Januari 2023

Launching Budidaya Ikan Nila

Hari pertama dimulai awal budidaya pembesaran ikan Nila yang sedang dikelola oleh Pokmas Mahkota Domba. Setelah sekian kesempatan menunggu waktu yang tepat sesuai planing yang telah lama di idamkan akhirnya tiba saatnya bisa start progres. 

Dok. Prosesi Penaburan Benih Ikan Nila ke Media Bioflok.

Sejumlah 1000 ekor benih ikan Nila telah berhasil di lepaskan ke media penangkaran yang telah dipersiapkan mulai beberapa waktu lalu. Untuk sarana yang digunakan dalam budidaya ikan Nila ini adalah media Bioflok dengan ukuran diameter 3 meter dengan kapasitas 500 sampai dengan 1000 ekor ikan.


Walaupun sedikit keluar jalur bidang yang sedang di naungi namun ini merupakan bentuk langkah pengembangan usaha guna strategi ekonomi menghidupkan kegiatan untuk keberlangsungan berjalannya aktivitas kelompok dengan memanfaatkan peluang yang mungkin bisa menjadi prospek usaha agribisnis baik untuk jangka pendek sampai jangka panjang.


Selanjutnya masih ada 3 unit media Bioflok yang masih kosong belum terisi namun telah siap dipakai maka untuk menyikapi itu melalui beberapa anggota masih mengadakan observasi lapangan untuk survey ketersediaan benih ikan. Kemungkinan nantinya akan mencoba dikembangkan usaha jenis ikan lain misalnya Lele dan Gurami tergantung kondisi dan hasil pengamatan dilapangan.

Dok. 1000 ekor benih ikan Nila yang telah masuk media Bioflok.

Dok. Papan Nama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar