Kamis, 06 April 2023

Pertemuan Rutin Bulanan

Agenda rutin rapat bulanan yang dilaksanakan oleh anggota Kelompok Tani Ternak Mahkota Domba bertempat di balai sekretariat Mahkota Domba. Kegiatan yang seyogyanya dilaksanakan setiap tanggal 5 bertepatan dengan berdirinya kelompok itu sempat tertunda dengan jeda 1 hari karena kendala satu dan lain hal. Acara baru bisa di adakan malam ini yang dimulai pada pukul 22.00 WIB dihadiri segenap anggota yang ada. Seperti biasa kegiatan dibuka oleh sekretaris yang mulai memoderasi acara dilanjutkan dengan sambutan ketua dan sekaligus di isi acara inti rapat kerja dan evaluasi progres kegiatan bulan maret serta rencana program di bulan April ini. 

Dok. Kegiatan Pertemuan Rutin Bulanan

Ketua menyampaikan laporan hasil progres kegiatan dibulan maret tentang eksistensi keberlangsungan berjalannya kegiatan kelompok serta evaluasi progres masing-masing bidang. Dijelaskan bahwa keberadaan kondisi populasi ternak masing-masing milik anggota yang terpantau lancar dan  kondusif tanpa kendala namun untuk bulan maret tampak sementara belum ada perubahan jumlah populasi ternak.


Berikutnya untuk keberlangsungan usaha kelompok dibidang perikanan bahwasanya saat ini telah memasuki masa 3 bulan berjalan dan sepertinya dibulan ini diperkirakan ada salah satu usaha yang telah siap untuk mulai bisa di panen yaitu pada bidang budidaya ikan lele yang segera harus mulai disortir karena telah ada kondisi ikan yang telah memenuhi syarat siap untuk dipasarkan. Begitu pula untuk budidaya ikan gurame dan nila juga mulai menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan dimana kondisi ikan makin besar-besar. Namun pada bidang usaha pakan magot sedikit mengalami kendala terkait kesiapan media sarana pengembangan maka untuk sementara proses pengembangan belum bisa progres seperti waktu lalu karena perlu rencana lebih lanjut. Kemudian pada bidang usaha budidaya keong mas guna pengadaan stok pakan ikan kemungkinan sepertinya juga telah mulai siap diproses untuk di manfaatkan. 
Di bidang keuangan dilaporkan kondisi kas umum administrasi yang telah mengalami surplus dan juga disampaikan laporan finansial managemen opersional usaha kelompok yang juga masih menunggu target dana masukan investasi dari para anggota.


Sesi musyawarah adalah momen sharing dan diskusi serta jaring aspirasi anggota kelompok dimana disinggung tentang tindak-lanjut pada usaha budidaya rumput biofitas yang sempat mengalami pending untuk beberapa kesempatan kemudian disepakati dalam waktu dekat akan ada program pemupukan tanaman dan tindaklanjunya setelah hari raya kembali progres penyiangan dan penataan ulang pengurukan tanaman. Kemudian juga ada wacana pembuatan sarana tempat bernaung di belakang sekretariat yang nanti dapat difungsikan sebagai tempat proses pengolahan pakan keong mas. Dalam kesempatan tersebut juga dibahas tentang ide akan rencana kegiatan esok siang dimana akan dilaksanakan penataan ruang pada sarana bioflok dan pemindahan tempat saluran pembuangan dari media bioflok yang pengerjaannya akan melibatkan semua anggota untuk bersama-sama melaksanakan kerjabakti dalam kegiatan tersebut. 


Di penghujung acara musyawarah tepat pada pukul 22.42 WIB bahwasanya semua pembahasan materi agenda rapat hari ini telah rampung akhirnya kegiatan rapat disepakati telah selesai dan ditutup dengan doa akhir majelis dilanjutkan acara party makan bersama. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar